Belajar Bahasa Ruby? (bagian 1)

Yuhu selamat datang di bahas bahasa pertama di blog Kode Kode. Seperti di judul, bahasa yang dibahas adalah RUBY, sebuah bahasa pemrograman yang dinamis, object-oriented, dan juga general-purpose. Bahasa Ruby ini juga termasuk 10 besar bahasa pemrograman yang sering dipakai di dunia. Kalau kalian pernah menggunakan RPG Maker, pasti kalian familiar dengan bahasa ini. Namun kebanyakan bahasa ruby ini populer karena framework Ruby on Rails.

Pembuat bahasa ruby ini ialah orang jepang yaitu Yukihiro Matsumoto, Matz (nama panggilannya) berkata kalau “ruby ini sederhana di luar, namun kompleks di dalam. seperti tubuh manusia”. Matz membuat bahasa ruby didesain untuk produktivitas programmer dan agar programmernya gak stress 😂. Selain itu bahasa ruby juga gratis, gratis di gunakan, di-copy dan didistribusikan serta, gratis dimodifikasi.

Cukup sekian dulu basa-basinya, coba download dulu lewat link ini serta sesuaikan dengan sistem operasi kalian 😉. Kalau sudah, mari bahas ruby lebih mendalam bersama.

Hello World 💪

Test Kalau setiap apapun yg dilakukan dimulai dengan bismillah, maka setiap kali belajar bahasa pemrograman yang baru dimulai dengan “hello world” 😂. Begini caranya membuat hello world di ruby :

puts "Hello World"

Kode diatas akan mengeluarkan output “Hello WOrld” di layar. dan perlu diingat, semua yang di dalam tanda satu tanda petik atau tanda petik ganda selalu bernilai string.

Cara lain bisa menggunakan print. Kalau puts secara otomatis akan pindah line disetelahnya, maka print tidak. Output print akan terlihat menyambung. Coba saja :

print "Hello World"

(oke ane tau gan gambar mbaknya ngeselin wkwk, tapi mari lanjut)

Comments

Di bahasa pemroraman, komen berfungsi agar kode yg ditulis diabaikan. Ada namun diabaikan (kok ngenes 😂). Di bahasa ruby, agar kode satu baris diabaikan bisa menggunakan tanda pagar. Namun kalau banyak baris menggunakan begin dan end seperti contoh berikut.

# abaikan baris ini
=begin
baris ini diabaikan
baris ini juga diabaikan
puts("tdk bisa keluar")
=end

puts("yg ini keluar")

Kalau kode diatas dieksekusi maka yg keluar di layar hanyalah “tidak bisa keluar” saja. Komen bukannya tidak berguna, komen biasanya untuk penjelasan. Komen memfasilitasi agar pembaca kode yg kalian buat (manusia) mengerti apa yg kalian tulis.

Variabel

Variabel adalah lokasi penyimpanan nilai yg diberi nama (ini keluar kalo interview wakaka). Menulis variabel di ruby hanya dengan menggunakan tanda sama dengan. Contohnya

x = 9

Artinya bahwa variabel x berisi nilai 9. Tanda sama dengan disini dinamakan “Assignment Operator” (gak perlu diingat-ingat kok 😂). Kita juga bisa mengakses isi variabelnya dengan cara menggunakan puts atau print. Contohnya

x = 9
puts x

#nilai keluarannya 9

Mudah bukan? yang perlu diingat adalah nama variabel tidak bisa menggunakan huruf kapital di depan. Hanya boleh dengan huruf-angka dan garis bawah _

Konstanta

Kenapa tidak boleh menggunakan huruf kapital sebagai variabel? karena nanti akan berubah menjadi konstanta. Variabel konstanta tidak bisa diubah kalau sudah diisi nilai. Contohnya

NomerSaya = 9

#Kalau coba mengubah, nanti ada warning

NomerSaya = 7
#warning: already initialized constant NomerSaya

#nilai keluarannya 9

Begitu 😉

T I P E D A T A

Variabel di Ruby ditentukan secara otomatis. Nilai dan tipe data nya bisa diubah kapanpun.

x = 9 #otomatis adalah integer
y = 7.9 #secara otomatis tipedatanya float
z = 'Hello' #ini tipe datanya string
a = "mantan" #ini juga string
puts "#{z} #{a} !" #nilai keluarannya "Hello mantan !" wakakaka

MATEMATIKA

Matematika sangat penting di bahasa pemrograman. Beruntungnya operator aritmatika di ruby tidak jaduh berbeda dengan di dunia nyata. Contohnya

x = 5
y = 2

#Tambah
puts x+y
# nilai keluaran 7

#Kurang
puts x-y
# nilai keluaran 3

#Kali
puts x*y
# nilai keluaran 10

#Bagi
puts x/y
# nilai keluaran 2

Yang Perlu diingat adalah membagi integer dengan integer akan menghasilkan integer (bilangan nyata). NAMUN membagi integer dengan float akan menghasilkan float (bilangan desimal).

Operator Modulus

Modulus direpresentasikan dengan tanda persen. Apa sih modulus itu? modulus adalah sisanya berapa dari sebuah pembagian.

x = 9
y = 7
puts x%y
# hasilnya 2

9 dibagi 7 adalah 1. sisanya 2. Maka 9 modulus 7 adalah 2.

Operator Pangkat

Bintang-bintang merupakan operator pangkat. seperti 3 pangkat 2 adalah 9, kalau dituliskan dalam bahasa ruby sebagai berikut

a = 3
puts a**2

SHORTHAND

Kalau punya variabel a = 8 dan ingin menjumlahkannya dengan 2, tapi malas menuliskan a = a + 2. Maka shorthand datang untuk membantu kemalasanmu 😂 caranya dengan menulis a += 2. itu sudah sama seperti menulis a = a + 2. Berikut list dari shorthand assignment operators :

x += y  # sama seperti x=x+y
x -= y # sama seperti x=x-y
x *= y # sama seperti x=x*y
x /= y # sama seperti x=x/y
x %= y # sama seperti x=x%y
x **= y # sama seperti x=x**y

Masukin Nilai Variabel secara Parallel

Bahasa Ruby juga mendukung memasukkan nilai variabel secara parallel. Cara ini memudahkan memasukkan banyak nilai hanya dengan 1 baris kode. Umumnya kita menulis seperti ini :

x = 9
y = 7
z = 8

Kalau ditulis dengan parallel seperti ini

x,y,z = 9,7,8

Mudah Mudah kan?

Kalau menulis Matematika dalam Ruby, Operator yang di dahulukan adalah pangkat, kali, bagi dari kiri ke kanan. Lalu penjumlahan dan pengurangan.

STRING

Selain main angka-angka-an, main string juga penting. String adalah Text, membuat variabel berisi string juga tinggal menggunakan tanda petik. Namun ada beberapa karakter yang tidak bisa langsung dimasukkan string dan harus menggunakan backslash sebagai escape. Contohnya

text = 'John\'s '
puts text
# nilai keluarannya, John's

tanpa backslash, nulis text = ‘John’s’ akan menghasilkan error, karena tanda petiknya ada 3. Backslash juga bisa digunakan sebagai “enter”, caranya dengan “\n”

Menyambung String

menyambungkan 2 variabel berisi string dengan operator + disebut concatenation (konketenesyen).

a = 'halo'
b = ' mantan'
puts a+b

Mengulang String

String dapat diulang menggunakan tanda bintang (kali) dan integer.

a = "abc"
puts a*3
# outputs "abcabcabc"

puts '5'*4
# outputs 5555

namun perlu diingat, string tidak bisa dikali dengan string

Seperti itulah konsep dasar menulis Program bahasa ruby. Sangat sederhana jika dibanding bahasa yg statis seperti C. Baik menurut saya sekian dulu part 1 nya, sampai berjumpa di part 2 ya