Membuat MVP itu Bagaimana Hirarkinya?

Di era yg serba cepat ini, pembuatan produk baru di level Minimum Viable Product ataupun pembuatan fitur baru diharapkan cepat juga. Artikel ini dibuat agar para maker / engineer tidak terjerembab pada prioritas yg salah sehingga shipping produk jadi molor dari jadwal yg ditentukan. Beberapa diantara kita, saya yakin pasti ada yg salah dalam prioritas pembuatan produk baru. Saya dahulu pun begitu, membuat produk pokoknya tampilan visualnya jadi dulu, baru mengerjakan fungsi-fungsinya. Hal ini sah-sah saja, namun yg jadi masalah adalah kapan produk tersebut selesai? tampilannya selesai, tapi dipencet tidak bisa itu tidak memberikan solusi kepada user produk kita.

Oleh karena itu, hirarki prioritas dalam membuat produk digital seperti gambar di bawah ini penting untuk dijalankan : "hirarki prioritas"

hirarki ini dibaca dan dieksekusi dari bawah ke atas, Functional, Reliable, Usable, dan Pleasurable. β€œReward” yg di dapatkan user kita jika bagian bawah piramida ini selesai dikerjakan adalah task mereka selesai atau manfaat fungsional. Sedangkan di bagian atas, β€œreward” untuk user kita adalah experience atau manfaat emosional.

Jadi pastikan kerjakan fungsionalnya terlebih dahulu, pastikan reliable dengan menanggulangi error-error yg akan terjadi, lalu tes berkali-kali agar usable, lalu kerjakan bagian visualnya atau animasinya agar pleasurable.

sekian dulu, tidak usah panjang-panjang ya.