Seperti Apa Langkah DIY Memasang Alarm pada GSX S150?

Keamanan pada GSX-S150 hanya 2 lapis saja, pertama dari pelindung kunci kontak yg pakai magnet itu, kedua dari kunci kontak. Buat yg ingin menambahkan satu lapis keamanan lg, bisa beli alarm khusus GSX S150 resmi dari Suzuki (SGP). Harga alarm sekitar 700rb, bisa dibeli di dealer (kalau tdk ada ya inden dulu bisa) atau langsung via online shop. Pemasangannya juga cukup mudah, bisa kita pasang sendiri. Berikut tutorialnya. "Isi alarm GSX" Isi dalam box part SGP alarm ini ada buzzer, modul alarm, karet dan besi untuk dudukan ke rangkanya. Terdapat juga kertas tutorial cara pemasangan. Sebelum memulai memasang alarm ini, jangan lupa untuk memutus aliran listrik di aki agar tidak ada komponen listrik yg rusak dalam proses pemasangan. Tempat aki ada di bawah jok utama, tinggal dibuka saja pakai obeng plus dan copot kabel terminalnya. "Cara Buka SHROUD GSX" Membuka bodi GSX dimulai dari depan dulu. Buka shroud pakai kunci L yg didapet dari paket pembelian GSX. "Cara Buka BODY GSX" Step selanjutnya, buka saja semua bodynya dari depan sampai buntut belakang. Agar lebih leluasa memasang part ini. "Pasang Alarm GSX S150" Pasang karet dan besi dudukan lalu tempatkan pada bagian kanan rangka GSX ini. "Pasang Alarm GSX S150 2" Terdapat dua macam kabel, 2 kabel besar disambung ke kabel kunci kontak. Letaknya ada di bawah tangki, agak susah memang colokinnya. Nah satunya lagi kabel warna warni, kabel tersebut adalah kabel lampu sein. Tempatnya ada di balik batok kepala GSX. Colokkan saja sesuai warnanya. Oh iya, jangan lupa kabelnya dirapikan ya. "Kabel Lampu Sein" Seperti ini pemasangan kabel lampu sein. "Tempat naruh Buzzer" Terakhir, dimana tempat naruh buzzer nya? hahahaha. Ini nih yg gak ada di buku petunjuk. Body GSX ini sangat ramping dan tidak ada tempat tersisa buat naruh buzzer. Ada 3 opsi sodara-sodara, di balik bodi belakang, dibelakang mesin, dan di sisi sebelah kiri rangka. Saya suda mencoba semua, jika di body belakang seperti pada gambar diatas, dia akan copot, karena bukan disitu tempatnya. Kalau dibelakang mesin, memang bisa ditempatkan disitu, tapi buzzer akan cepat rusak, karena suhu disana panas. Kalau saya sendiri sekarang, saya taruh di sisi kiri rangka. Atau juga bisa ditaruh dekat masukan box filter udara, beberapa orang ada yg ditaruh disitu langsung.

Remote dari Alarm ini sendiri ada 3 pencetan saja, atas untuk mengunci, tengah untuk silent, dibawah untuk membuka kunci. Alarm juga otomatis berbunyi setelah 15 detik motor dimatikan. Walaupun agak ngeselin, tapi ini berguna jika motor kita diambil orang tapi gak punya remotenya, otomatis motor kita kekunci kalau dimatikan. Kabarnya juga modul ini ngunci ECU, jadi kalau dikunci, ECU jg ikut terkunci. Pencetan bagian tengah jg berfungsi buat answer back system. Saya sering menggunakan pencetan yg tengah itu.

Jadi sekian cara DIY pasang alarm di GSX S150, perlu diketahui jg alarm buat GSX S dan GSX R berbeda, harga jg beda. Oke, terimakasih.