Percobaan Rekonstruksi 3D dari Deretan Foto Objek Dunia Nyata
Menyimpan bentuk visual. Sewaktu saya masih sekolah, menyimpan bentuk visual dari suatu objek jadi 2D (foto) dengan kamera sudah seneng sekali. Setelah foto, bergeser lagi jadi video, yg mana video itu sendiri adalah deretan gambar 2D yg banyak tiap detiknya + audio. Lalu muncul video 360 yg aslinya itu banyak gambar sphere yg didatarin + audio. CMIIW
Nah, rekonstruksi 3D buat nyimpan bentuk visual objek dunia nyata itu levelnya beda lg. Mudahnya, kepengen gak sih mengabadikan momen atau benda atau suatu kejadian visual gt tapi bisa diputer-puter, dilihat dari berbagai sisi? daripada sebuah foto/video? ehtapi, kalau tdk kepengen ya gapapa. imajinasikan saja dulu, hehe.
Tulisan ini buat dokumentasi percobaan saya gimana mengubah objek nyata (sepeda motor) jadi objek 3D digital. Tools yg saya pakai, kamera hape 8MP, KMZ Player, VSFM, MeshLab (no coding needed).
Mengumpulkan Deretan Gambar
Deretan gambar disini buat bahan baku utama dari percobaan ini. Saya mencoba 2 cara, pertama dengan foto berulang kali dan video lalu saya cacah-cacah framenya. Dengan cara pertama saya coba kurang memuaskan dan melelahkan (iyalah).
Cara kedua pakai video, seperti paragraf satu, kan video dasarnya deretan gambar jg. Bisa dong dicacah buat dapet gambar tiap framenya, tapi pertanyaannya pakai apa wkwk. Solusinya bisa pakai OpenCV atau VLC Player. OpenCV bisa diandalkan tp blm sempat saya coba. di VLC hasilnya rusak. Nah saya coba tuh, KMZ player. Bisa ternyata buat nyacah dan gambarnya tidak rusak. Terkumpulah 178 gambar dari pencacahan tiap 5 frame.
Mulai Rekonstruksi
Gambar yg terkumpul bisa diolah dengan Sparse Reconstruction. Hasilnya bisa terlihat gambar-gambar td diambil di angle mana dan yg terpenting adalah titik-titik objek mulai terbentuk. Namun titik-titik itu renggang satu sama lain.
Proses selanjutnya intinya bikin tadi titik jadi lebih rapat dengan Dense Reconstruction. Tahap ini yg paling melelahkan untuk komputer. Saya tidak mencatatnya tapi kurang lebih 2-3jam dengan prosessor AMD A6 4455m (dengan prosessor yg lebih baik tentu bs lebih cepat). Sampai sini sebenarnya sudah bs diputer-puter dan dilihat-lihat objeknya. Tapi ini tdk padat dan bukanlah sebuah mesh 3D, untuk mengubahnya pakai aplikasi MeshLab yg ada di PC/Linux/MacOS. Hasilnya ada di video ini :
Secara hasil akhir, Menurut saya pribadi hasilnya belum memuaskan, karena banyak noisenya. Memang kedepan masih banyak hal yg diperbaiki. seperti pengambilan gambar di tempat yg cahaya bs dikondisikan, dan konfigurasi filter di MeshLab yg lebih pas (resepnya blm nemu).
Sebenarnya yg seperti ini banyak yg sudah mencoba, istilahnya bs rekonstruksi 3d, fotogrammetri dll sebagai alternatif dari penggunaan 3D scanning (mahal!). Really populer juga di bidang geomatika (geologi dan informatika) buat bangunan dan objek-objek daratan. Selain itu jg di luar negeri buat keperluan polisi forensik untuk analisa TKP. Buat bidang medis belum pernah tau, tapi peluangnya jg besar dan perlu dieksplorasi lebih lanjut. Apalagi buat kedokteran gigi.
Oh iya, untuk sekarang emang proses pembuatan dari deretan gambar jadi objek 3d digital butuh 4jam++. Tapi siapa tau kedepannya teknologi prosessor yg lbh cepat dan kompresi yg lebih baik, bs jadiin proses diatas kurang dari 1 menit? bs aja lho, hehe.
Sekian tulisan ini, walaupun hasilnya blm memuaskan tapi saya sudah senang. semoga jadi wawasan baru.