/ #wacom #ubuntu 

Cara Agar Wacom One CTL-472 Bekerja di Ubuntu, Day 1

Tutorial ini dibuat apabila kalian seperti saya, yg setiap hari menggunakan ubuntu tapi jg ingin menggunakan tablet wacom. Sebenarnya tanpa diapa-apakan pun wacom langsung bisa digunakan di Ubuntu dari lahir. Saya pernah ada wacom intuos pada 4 tahun lalu, tanpa installasi apapun, langsung colok, pasti bisa digunakan. Berbeda dgn Wacom One ini. Lantas bagaimana mengakalinya? begini caranya.

Sebagai tablet menggambar paling murah, hanya 700ribuan. Wacom ini termasuk wacom yang baru, mungkin inilah kenapa tidak terdeteksi di OS Ubuntu saya. Langsung saja, coba kita colokin wacom one ke laptop/PC lalu masuk terminal dan masukin “lsusb”

lsusb pada wacom one ctl-472

kalau kita lihat, sebenarnya PC/Laptop ubuntu kita sudah terbaca. Kalau kita lihat di kode hexadesimalnya untuk wacom one adalah 056a:037a.** **056a adalah kode Vendornya, dalam hal ini Wacom Co., Ltd lalu 037a adalah kode Wacom One CTL-472 ini yang belum masuk.

Tugas kita adalah memasukkannya secara paksa di grub wkwk. Baik, buka pakai teks editor favorit kalian, saya pakai nano agar lebih mudah :

$ sudo nano /etc/default/grub

Harap hati hati mengganti file ini ya, cari bagian “GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT” yang ada “quiet splash” lalu masukin seperti ini.

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash usbhid.quirks=0x056a:0x037a:0x40000000 "

jadi dikode tadi tambahkan 0x didepannya lalu diikuti dengan :0x40000000

masukin ke grub wacom ctl-472 dan ubuntu

setelah itu update-grub nya lalu matikan komputer (jangan di-restart nanti stuck di splash screen), bisa dengan commandline berikut

$ sudo update-grub
$ sudo init 0

Baik, begitulah. coba colokin wacom ke PC lagi. Semoga berhasil.

#after25